Kalau hanya berkhayal, dan mimpi kerja di Kapal Pesiar itu enak, banyak duit, bisa jalan - jalan ke sana ke mari, tahu sana sini dan lain sebagainya memang ketertarikan ke bidang ini akan sangat kuat, namun jangan pula lupa setiap pilihan akan ada resiko, dalam bidang apapun.
Kerja di Kapal pesiarpun demikian, hanya mereka yang betul - betul punya mental bagus yang akan dan sanggup bertahan, masa kontrak untuk crew biasa ( Bukan American Contract/Officer ) rata - rata 7 bulan - 1 tahunan, gak ketemu keluarga, homesick pasti tentunya, belum lagi whole times selama kerja gak ada day off, rules company yang ketat dan banyak lagi, jika masuk US Port harus general cleaning karena ada USPH Inspection ( United States Public Health/Pemeriksaan Dinas Kesehatan Amerika ) yang akan men check Sanitation, hygiene atau kebersihan satu kapal, mereka yang di galley, store room, mayan berat ketika ada USPH ini, Jika Cruise Alaska - Carribean, bisa 2-4x General Cleaning satu cruise ( semingguan ), selesai general cleaning gak begitu saja, di check oleh F&B Manager, Supervisor bahkan Hotel Manager, padahal belum tentu USPH tersebut datang besoknya setelah general cleaning, kurang bersih ulang lagi, bahkan ada Hotel Manager atau FoodBeverages Manager yang ngelap bawah table pake tissue, bawa senter untuk men check bersih gak nya..nah loh..
Kalau Kapal tersebut gak lulus nilainya di bawah standard USPH, maka kapal tersebut akan di ikat tidak boleh berlayar dahulu untuk kurun waktu tertentu.
http://crew-center.com/usph-scores-all-cruise-ships-2012-2013
Temen-temen Cabin Steward kalau pas embarkasi, wuih maaf "keringat nyampe pantat-pantat", ngangkatin kopor penumpang, bersihin kamar, dsb. Kesibukan di hari embarkasi ini sangat luar biasa.Cabin Steward harus Make up the room/cabin secepat dan sebersih mungkin.Jam 12 siang semua Kamar harus siap untuk penumpang baru padahal penumpang lama baru turun/disembarkasi jam 8 pagi.Jadi banyak diantara cabin steward yang memakai jasa orang lain untuk membantu membersihkan kamar, gak sedikit diantara temen temen cabin steward yang untuk makan siangpun gak sempat.
Pergantian penumpang (embarkasi/disembarkasi) itu tergantung berapa lama cruise kapal tersebut,biasanya 1 minngu atau 14 hari.Ada juga 10 hari,1 bulan atau bahkan 3 bulan baru embarkasi/disembarkasi ini untuk kapal yang keliling dunia.Tapi biasanya 7 hari cruise.Yang sering cruise Alaska atau Karibia.
Phisik yang bagus, mental yang kuat, kalau "anak mami" wah.. sulit untuk bertahan, jangankan di kapal pesiar di darat di Indopun kalau mental "gak mau kerja keras" sedikit - sedikit capek, kerja di sini ngeluh alasan kerja gak enak, kerja di sana gak nyaman, sulit beradaptasi dengan lingkungan kerja, maunya orang lain yang harus mengerti akan dirinya, pengen dapet duit kerja santai sesuai keinginan pribadinya saja, selalu gak nyaman dengan ikatan company rules, akan kesulitan untuk bisa survive apalagi di Kapal Pesiar ataupun di River Cruise yang memang butuh orang - orang punya mental mau kerja keras, kalaupun bisa lulus test jangan jangan baru seminggu nangis nangis trus minta pulang ( dan itu bukan satu dua kejadian demikian di Kapal Pesiar ), jadi fikirkan baik-baik jika anda bukan a hard worker personality types mendingan jangan maksaiin kerja ke kapal pesiar.
Apa yang kerja di darat pernah demikian..ada inspeksi sanitation sampe bawa - bawa senter, bawah meja di lap pake tissue ??? apa pernah Roomboy di Hotel Darat harus rush sedemikian rupa..?? gak kan..jauh di bandingkan dengan kerja di Kapal Pesiar, apalagi kerja masih di Indo...bukan nge gedeiin "secapek-capeknya kerja di Hotel darat apalagi di Indo gak ada apa-apanya bila dibandingkan dengan di Kapal Pesiar atau River Cruise".
Lelah, Homesick, bete,dll di Kapal itu semua memang terbayar setimpal dengan yang di dapat, None come instanly..
Didikan Kapal secara mental memang membangun pribadi yang kuat dan siap menghadapi sesulit apapun tantangan hidup di depan, gak cengeng menghadapi hidup, mau kerja keras serta berani menentukan pilihan dengan segala resikonya.
Discipline and Hardworking Lead You to Success !
Wassalam
Kerja di Kapal pesiarpun demikian, hanya mereka yang betul - betul punya mental bagus yang akan dan sanggup bertahan, masa kontrak untuk crew biasa ( Bukan American Contract/Officer ) rata - rata 7 bulan - 1 tahunan, gak ketemu keluarga, homesick pasti tentunya, belum lagi whole times selama kerja gak ada day off, rules company yang ketat dan banyak lagi, jika masuk US Port harus general cleaning karena ada USPH Inspection ( United States Public Health/Pemeriksaan Dinas Kesehatan Amerika ) yang akan men check Sanitation, hygiene atau kebersihan satu kapal, mereka yang di galley, store room, mayan berat ketika ada USPH ini, Jika Cruise Alaska - Carribean, bisa 2-4x General Cleaning satu cruise ( semingguan ), selesai general cleaning gak begitu saja, di check oleh F&B Manager, Supervisor bahkan Hotel Manager, padahal belum tentu USPH tersebut datang besoknya setelah general cleaning, kurang bersih ulang lagi, bahkan ada Hotel Manager atau FoodBeverages Manager yang ngelap bawah table pake tissue, bawa senter untuk men check bersih gak nya..nah loh..
Kalau Kapal tersebut gak lulus nilainya di bawah standard USPH, maka kapal tersebut akan di ikat tidak boleh berlayar dahulu untuk kurun waktu tertentu.
http://crew-center.com/usph-scores-all-cruise-ships-2012-2013
Temen-temen Cabin Steward kalau pas embarkasi, wuih maaf "keringat nyampe pantat-pantat", ngangkatin kopor penumpang, bersihin kamar, dsb. Kesibukan di hari embarkasi ini sangat luar biasa.Cabin Steward harus Make up the room/cabin secepat dan sebersih mungkin.Jam 12 siang semua Kamar harus siap untuk penumpang baru padahal penumpang lama baru turun/disembarkasi jam 8 pagi.Jadi banyak diantara cabin steward yang memakai jasa orang lain untuk membantu membersihkan kamar, gak sedikit diantara temen temen cabin steward yang untuk makan siangpun gak sempat.
Pergantian penumpang (embarkasi/disembarkasi) itu tergantung berapa lama cruise kapal tersebut,biasanya 1 minngu atau 14 hari.Ada juga 10 hari,1 bulan atau bahkan 3 bulan baru embarkasi/disembarkasi ini untuk kapal yang keliling dunia.Tapi biasanya 7 hari cruise.Yang sering cruise Alaska atau Karibia.
Phisik yang bagus, mental yang kuat, kalau "anak mami" wah.. sulit untuk bertahan, jangankan di kapal pesiar di darat di Indopun kalau mental "gak mau kerja keras" sedikit - sedikit capek, kerja di sini ngeluh alasan kerja gak enak, kerja di sana gak nyaman, sulit beradaptasi dengan lingkungan kerja, maunya orang lain yang harus mengerti akan dirinya, pengen dapet duit kerja santai sesuai keinginan pribadinya saja, selalu gak nyaman dengan ikatan company rules, akan kesulitan untuk bisa survive apalagi di Kapal Pesiar ataupun di River Cruise yang memang butuh orang - orang punya mental mau kerja keras, kalaupun bisa lulus test jangan jangan baru seminggu nangis nangis trus minta pulang ( dan itu bukan satu dua kejadian demikian di Kapal Pesiar ), jadi fikirkan baik-baik jika anda bukan a hard worker personality types mendingan jangan maksaiin kerja ke kapal pesiar.
Apa yang kerja di darat pernah demikian..ada inspeksi sanitation sampe bawa - bawa senter, bawah meja di lap pake tissue ??? apa pernah Roomboy di Hotel Darat harus rush sedemikian rupa..?? gak kan..jauh di bandingkan dengan kerja di Kapal Pesiar, apalagi kerja masih di Indo...bukan nge gedeiin "secapek-capeknya kerja di Hotel darat apalagi di Indo gak ada apa-apanya bila dibandingkan dengan di Kapal Pesiar atau River Cruise".
Lelah, Homesick, bete,dll di Kapal itu semua memang terbayar setimpal dengan yang di dapat, None come instanly..
Didikan Kapal secara mental memang membangun pribadi yang kuat dan siap menghadapi sesulit apapun tantangan hidup di depan, gak cengeng menghadapi hidup, mau kerja keras serta berani menentukan pilihan dengan segala resikonya.
Discipline and Hardworking Lead You to Success !
Wassalam
0 comments:
Post a Comment