KRITERIA UMUM CALON CREW KAPAL PESIAR
Bisnis wisata dengan kapal pesiar adalah a “Non Stop Service Business” atau Bisnis pelayanan 24 jam setiap harinya. Maka ciri khas dari Industri pariwisata yang satu ini adalah ; keramah-tamahan, pelayanan yang selalu siap setiap saat, kenyamanan dan terciptanya kepuasan para tamu atau penumpang kapal.
Tamu-tamu yang berlibur menggunakan kapal pesiar adalah mereka yang telah membayar ribuan dollar untuk paket wisata 1 minggu, 10 hari dan seterusnya. Maka sudah sepantasnya mereka menuntut pelayanan yang memuaskan.
Selain ingin berlibur dan menikmati kemewahan dan kenyamanan serta fasilitas kapal pesiar, mereka juga ingin memperoleh pelayanan yang benar-benar prima dan berkelas. Maka akibatnya, perusahaan kapal pesiar harus merekrut tenaga-tenaga kerja professional yang benar-benar memenuhi syarat sesuai dengan tuntutan bisnisnya.
Inilah criteria umum bagi orang-orang yang memenuhi syarat untuk bekerja di kapal pesiar;
PEKERJA KERAS ; untuk bisa memenuhi syarat bekerja dikapal pesiar anda haruslah seorang pekerja keras- “a hard working individual”. Pekerja keras di kapal pesiar sangat berbeda dengan pekerja keras pada umumnya. Sebagai gambaran; bila di perusahaan-perusahaan di Indonesia anda diwajibkan bekerja 8 jam sehari, 5 atau 6 hari seminggu. Maka di kapal pesiar anda harus bekerja diatas 10 jam sehari, kadang-kadang bisa mencapai 14 jam. Dan bukan 5 atau 6 hari seminggu, tapi 7 hari seminggu.
MEMILIKI MOTIVASI YANG TINGGI ; ‘Highly motivated’. Itulah istilah yang sering di dengar bagi orang-orang yang memiliki motivasi kerja yang tinggi. Perusahaan kapal pesiar sangat memerlukan orang-orang yang demikian. Tuntutan bisnis pelayanan di kapal pesiar sangat memerlukan orang-orang yang memiliki motivasi kerja yang tinggi dalam rangka memenuhi tuntutan tersebut. Yaitu memberi kepuasan maksimal bagi para tamu kapal pesiar.
BERSEMANGAT ; Energic and Enthusiastic itulah istilah yang tepat bagi anda seorang pekerja di atas kapal. Aktifitas diatas kapal yang tinggi, baik itu aktifitas penumpang maupun karyawan itu sendiri, sangat memerlukan orang-orang yang memiliki semangat kerja yang tinggi. Orang yang suka lelet (klemar-klemer alias slow moving), banyak beristirahat atau bengong saat bekerja sangat tidak memenuhi syarat.
RAMAH ; Friendly itulah istilahnya. Seorang karyawan di kapal pesiar harus memiliki perangai yang berseri dan senantiasa menunjukan raut muka yang ramah, penuh senyum yang tulus kepada para tamu kapal
MENYENANGKAN ; ‘Have an Outgoing personality’. Saat anda bersosialisasi di atas kapal pesiar, baik itu bersosialisasi dengan tamu maupun dengan sesama karyawan, anda di tuntut menjadi seorang pribadi yang menyenangkan bila sedang berbicara dan diajak bicara khususnya saat bersosialisasi dengan tamu kapal. It’s important to make a positive everlasting impression with guests. Itulah tuntutan pihak perusahaan dan para tamu yaitu; ‘penting sekali untuk memberikan kesan positif dan membekas di mata para tamu kapal’.
PROFESIONAL ; Be professional when performing the job. Apapun pekerjaan dan jabatan anda disana, anda dituntut untuk bekerja secara professional dibidang pekerjaan anda.Ini sangat memiliki effek yang langsung, baik kepada perusahaan maupun kepada para tamu. Bayangkan bila anda kurang professional di bidang anda, maka akan terasa efeknya kepada para tamu dan perusahaan. Pekerjaan anda akan terkesan kacau. Maka kuasailah bidang pekerjaan anda. IHCT-BANDUNG memberikan bimbingan yang comprehensive ke arah itu.
BERSIKAP POSITIF ; ‘Have a positive attitude’. Anda dituntut untuk selalu bersikap positif dalam segala kondisi saat bekerja. Tidak selamanya suasana diatas kapal dan pekerjaan anda itu menyenangkan. Ada kalanya hal tersebut begitu membosankan. Ada kalanya grafik kerja dan produktifitas kerja menurun. Maka salah satu solusinya anda harus bersikap positif dan kreatif.
KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI DENGAN BAIK ; ‘Have an excellent communication skill’. Tuntutan kriteria yang satu ini sangat berkaitan dengan kemampuan anda dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Itulah sebabnya IHCT-BANDUNG memperlengkapi diri anda dengan keterampilan berbahasa Inggris pada salah satu aktifitas programnya.
Pada dasarnya perusahaan kapal pesiar selalu membutuhkan seorang pekerja keras yang professional di bidangnya, yang suka bergaul dengan orang-orang dari berbagai bangsa, yang selalu berorientasi pada kepuasan customer, dan selalu bangga dan memiliki dedikasi terhadap dirinya dan profesinya.
Bisnis wisata dengan kapal pesiar adalah a “Non Stop Service Business” atau Bisnis pelayanan 24 jam setiap harinya. Maka ciri khas dari Industri pariwisata yang satu ini adalah ; keramah-tamahan, pelayanan yang selalu siap setiap saat, kenyamanan dan terciptanya kepuasan para tamu atau penumpang kapal.
Tamu-tamu yang berlibur menggunakan kapal pesiar adalah mereka yang telah membayar ribuan dollar untuk paket wisata 1 minggu, 10 hari dan seterusnya. Maka sudah sepantasnya mereka menuntut pelayanan yang memuaskan.
Selain ingin berlibur dan menikmati kemewahan dan kenyamanan serta fasilitas kapal pesiar, mereka juga ingin memperoleh pelayanan yang benar-benar prima dan berkelas. Maka akibatnya, perusahaan kapal pesiar harus merekrut tenaga-tenaga kerja professional yang benar-benar memenuhi syarat sesuai dengan tuntutan bisnisnya.
Inilah criteria umum bagi orang-orang yang memenuhi syarat untuk bekerja di kapal pesiar;
PEKERJA KERAS ; untuk bisa memenuhi syarat bekerja dikapal pesiar anda haruslah seorang pekerja keras- “a hard working individual”. Pekerja keras di kapal pesiar sangat berbeda dengan pekerja keras pada umumnya. Sebagai gambaran; bila di perusahaan-perusahaan di Indonesia anda diwajibkan bekerja 8 jam sehari, 5 atau 6 hari seminggu. Maka di kapal pesiar anda harus bekerja diatas 10 jam sehari, kadang-kadang bisa mencapai 14 jam. Dan bukan 5 atau 6 hari seminggu, tapi 7 hari seminggu.
MEMILIKI MOTIVASI YANG TINGGI ; ‘Highly motivated’. Itulah istilah yang sering di dengar bagi orang-orang yang memiliki motivasi kerja yang tinggi. Perusahaan kapal pesiar sangat memerlukan orang-orang yang demikian. Tuntutan bisnis pelayanan di kapal pesiar sangat memerlukan orang-orang yang memiliki motivasi kerja yang tinggi dalam rangka memenuhi tuntutan tersebut. Yaitu memberi kepuasan maksimal bagi para tamu kapal pesiar.
BERSEMANGAT ; Energic and Enthusiastic itulah istilah yang tepat bagi anda seorang pekerja di atas kapal. Aktifitas diatas kapal yang tinggi, baik itu aktifitas penumpang maupun karyawan itu sendiri, sangat memerlukan orang-orang yang memiliki semangat kerja yang tinggi. Orang yang suka lelet (klemar-klemer alias slow moving), banyak beristirahat atau bengong saat bekerja sangat tidak memenuhi syarat.
RAMAH ; Friendly itulah istilahnya. Seorang karyawan di kapal pesiar harus memiliki perangai yang berseri dan senantiasa menunjukan raut muka yang ramah, penuh senyum yang tulus kepada para tamu kapal
MENYENANGKAN ; ‘Have an Outgoing personality’. Saat anda bersosialisasi di atas kapal pesiar, baik itu bersosialisasi dengan tamu maupun dengan sesama karyawan, anda di tuntut menjadi seorang pribadi yang menyenangkan bila sedang berbicara dan diajak bicara khususnya saat bersosialisasi dengan tamu kapal. It’s important to make a positive everlasting impression with guests. Itulah tuntutan pihak perusahaan dan para tamu yaitu; ‘penting sekali untuk memberikan kesan positif dan membekas di mata para tamu kapal’.
PROFESIONAL ; Be professional when performing the job. Apapun pekerjaan dan jabatan anda disana, anda dituntut untuk bekerja secara professional dibidang pekerjaan anda.Ini sangat memiliki effek yang langsung, baik kepada perusahaan maupun kepada para tamu. Bayangkan bila anda kurang professional di bidang anda, maka akan terasa efeknya kepada para tamu dan perusahaan. Pekerjaan anda akan terkesan kacau. Maka kuasailah bidang pekerjaan anda. IHCT-BANDUNG memberikan bimbingan yang comprehensive ke arah itu.
BERSIKAP POSITIF ; ‘Have a positive attitude’. Anda dituntut untuk selalu bersikap positif dalam segala kondisi saat bekerja. Tidak selamanya suasana diatas kapal dan pekerjaan anda itu menyenangkan. Ada kalanya hal tersebut begitu membosankan. Ada kalanya grafik kerja dan produktifitas kerja menurun. Maka salah satu solusinya anda harus bersikap positif dan kreatif.
KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI DENGAN BAIK ; ‘Have an excellent communication skill’. Tuntutan kriteria yang satu ini sangat berkaitan dengan kemampuan anda dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Itulah sebabnya IHCT-BANDUNG memperlengkapi diri anda dengan keterampilan berbahasa Inggris pada salah satu aktifitas programnya.
Pada dasarnya perusahaan kapal pesiar selalu membutuhkan seorang pekerja keras yang professional di bidangnya, yang suka bergaul dengan orang-orang dari berbagai bangsa, yang selalu berorientasi pada kepuasan customer, dan selalu bangga dan memiliki dedikasi terhadap dirinya dan profesinya.
0 comments:
Post a Comment